Jalan Tol JORR 2 selesai tahun 2010

BPJT: Pembangunan JORR 2 Selesai Tahun 2010

JAKARTA, KOMPAS – Pembangunan Jakarta Outer Ring Road atau JORR 2 yang melintas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, melingkar ke arah Serpong, Cinere, Jagorawi, hingga Cibitung, Cilincing, Tanjung Priok sepanjang 122,6 kilometer direncanakan rampung tahun 2010.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Departemen Pekerjaan Umum Hisnu Pawenang dalam percakapan dengan Kompas di Jakarta, Senin (7/1), mengungkapkan optimismenya JORR 2 rampung pada tahun 2010. “Kami tidak fokus pada kendala,” kata Hisnu di ruang kerjanya.

Hisnu menegaskan, kebijakan land capping akan membuat investor jalan tol bergairah menyelesaikan pembangunan tol.

“Pemerintah menyediakan dana Rp 5 triliun untuk 28 ruas tol dalam waktu tiga tahun ke depan, termasuk di antaranya JORR 2,” kata Hisnu Pawenang.

Penetapan patokan harga tanah atau land capping sebesar 110 persen dari biaya tanah atau 2 persen dari nilai investasi jalan tol. Patokan harga tanah itu akan ditanggung investor dan sisanya ditanggung pemerintah. Namun, pemerintah akan menanggung lebih dahulu biaya pembebasan tanah bagi ruas tol yang mengalami hambatan melalui skema badan layanan umum. Dana itu diganti investor setelah pembangunan tol selesai.

JORR 2 meliputi ruas tol Bandara Internasional Soekarno- Hatta-Kunciran (Tangerang) sepanjang 15,2 km dikerjakan Jasa Marga dan Citra Marga Surabaya; ruas Kunciran-Serpong sepanjang 11,2 km dikerjakan Jasa Marga dan Astratel; ruas Serpong-Cinere sepanjang 10,1 km digarap Waskita Karya dan Thiess dari Australia.

Ruas tol Cinere-Jagorawi sepanjang 14,6 km dikerjakan PT Translingkar Kitajaya; ruas tol Jagorawi/Cimanggis-Cibitung sepanjang 25,4 km digarap Grup Bakrie dan Plus dari Malaysia. Adapun ruas tol Cibitung-Cilincing sepanjang 33,9 km digarap Malaysia Trading Development (MTD) dari Malaysia.

Direktur Teknik dan Operasi PT Translingkar Kitajaya, Trenggono WS, mengatakan siap segera membangun konstruksi tol Cinere-Jagorawi setelah pembebasan tanah oleh pemerintah beres. Pemancangan tiang pertama Seksi I Cimanggis direncanakan April ini. “Kami optimistis tahun 2010 tol Cijago selesai,” katanya.

JORR 2 dibutuhkan sebagai jalan antarkota. “Untuk menuju bandara dan pelabuhan, pengendara dari luar kota tak perlu lagi masuk Jakarta,” kata Hisnu.

Sementara itu, tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu sepanjang 21 km dimulai 16 Januari ini oleh investor Kresna Kusuma Dyandra Marga. Adapun tol Depok-Antasari sepanjang 22 km digarap Citra Marga Nusa Pala, Waskita Karya, PP, dan Hutama Karya.

BPJT dibentuk dua tahun lalu sebagai regulator. Ada 19 ruas tol yang harus dibereskan BPJT, termasuk ruas JORR 1 Ulujami-Kebon Jeruk-Penjaringan. (KSP)

Sumber:
http://202.146.5.33/kompas-cetak/0801/08/metro/4147938.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: